.quickedit{ display:none; }
" Wilujeng Sumping di Saung Kefir Jatinangor, Wahana Berbagi Antar Sesama "

Rabu, 07 September 2011

HALITOSIS

HALITOSIS
(by : Evy Indriani Vyati)


Halitosis merupakan suatu keadaan di mana terciumnya bau mulut pada saat seseorang mengeluarkan nafas (biasanya tercium pada saat berbicara). Bau nafas yang bersifat akut, disebabkan kekeringan mulut, stress, berpuasa, makanan yang berbau khas, seperti petai, durian, bawang merah, bawang putih dan makanan lain yang biasanya mengandung senyawa sulfur. Setelah makanan di cerna senyawa sulfur tersebut diserap kedalam pembuluh darah dan di bawa oleh darah langsung ke paru-paru sehingga bau sulfur tersebut tercium pada saat mengeluarkan nafas.

Selain itu juga kebersihan mulut yang sangat kurang sempurna karena kebanyakan kita menyikat gigi hanya sekitar 40 detik, menurut literature diperlukan sedikitnya 3 menit untuk membersihkan gigi dan meng eliminasi bakteri merugikan yang berperan dalam produksi senyawa sulfur.

Bau nafas pagi hari hampir pada semua orang dewasa, merupakan contoh bau nafas yang bersifat sementara (karena kekeringan mulut selama tidur). Bau nafas khronis dilaporkan menimpa 25 % populasi penduduk di berbagai macam kalangan. Keadaan ini dapat berpengaruh dalam hubungan personal atau bahkan dapat menyebabkan bencana terhadap hubungan bisnis.

Beberapa penelitian telah di lakukan untuk mengetahui bakteri-bakteri spesifik penyebab bau mulut tersebut. Di dalam mulut normal diperkirakan rata2 terdapat sekitar 400 macam bakteri dengan berbagai tipe. Meskipun penyebab bau mulut belum diketahui dengan jelas, kebanyakan dari bau tersebut berasal dari sisa makanan di dalam mulut.

Masalah akan muncul bila sebagian bakteri berkembang biak atau bahkan bermutasi secara besar2an. Kebanyakan dari bakteri ini bermukim di leher gigi bersatu dengan plak dan karang gigi, juga di balik lidah karena daerah tersebut merupakan daerah yang aman dari kegiatan mulut sehari-hari.

Bakteri tersebut memproduksi toxin atau racun, dengan cara menguraikan sisa makanan dan sel-sel mati yang terdapat di dalam mulut. Racun inilah yang menyebabkan bau mulut pada saat bernafas karena hasil metabolisme proses anaerob pada saat penguraian sisa makanan tersebut menghasilkan senyawa sulfide dan ammonia.

Bau mulut juga dapat di sebabkan oleh penyakit diabetes, penyakit ginjal, sinusitis, tonsillitis, kelainan fungsi pencernaan, penyakit liver, alkohol dan juga berbagai macam obat-obatan yang dapat menyebabkan kekeringan mulut.Perawatan yang dilakukan, berdasarkan penyebab bau mulut tersebut, bila perlu dilakukan pemeriksaan mikrobiologi untuk melihat bakteri penyebab, sebaiknya hubungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penggunaan penyegar nafas, permen karet dan obat kumur, biasanya bersifat asimptomatis dan sangat terbatas kerjanya hanya sementara saja, pada saat efek dari penyegar nafas hilang bau mulut akan kembali tercium http://drevy-omfs.blogspot.com/
  
Bagaimana cara untuk mengetahui anda punya masalah bau mulut (Halitosis)?
Drg. Henny Susanty

Add caption
 Biasanya yang pertama kali mengetahui bahwa anda mempunyai masalah bau mulut (Halitosis) adalah orang terdekat anda apabila anda sedang berkomunikasi dengan mereka. Tapi sayangnya kebanyakan orang-orang tersebut tidak akan memberitahu anda karena takut menyinggung perasaan anda.

Jika indera penciuman anda tidak dapat merasakan adanya bau mulut, anda dapat menanyakan pada pasangan atau orang terdekat anda. 

Tetapi apabila anda sungkan untuk melakukannya, anda dapat menanyakan kepada dokter gigi anda. Biasanya di beberapa klinik gigi akan menyediakan alat pengukur bau mulut atau yang dikenal dengan nama halimeter beserta dengan treatmentnya.

Cara sederhana untuk mengetahui adanya masalah bau mulut secara cepat dan dapat dilakukan dirumah bisa dilakukan dengan dua cara:

Cara pertama adalah denganmenggunakan cotton bud gosokkan pada bagian depan punggung lidah anda. Ditunggu sebentar supaya cotton bud agak mengering lalu anda cium baunya dengan hidung anda. Bau yang ada adalah kondisi bau dari bagian lidah anda.

Lalu kemudian kita beralih dengan pengecekan kedua dengan cara menggunakan sendok makan. Ambil sendok makan dengan posisi sendok  terbalik, punggung sendok menghadap atas. Kemudian garukkan pelan-pelan di punggung lidah anda dari bagian belakang ke bagian depan. Pada ujung sendok akan anda liat larutan kental berwarna keputihan. 

Kemudian anda cium baunya, bau yang anda cium adalah bau yang dirasakan orang lain ketika berada di dekat anda dan berbincang dengan anda. Bila anda mengalami masalah ini segera hubungi dokter gigi anda untuk konsultasi dan mendapatkan perawatannya.  http://www.dentiadental.com/ 

Tips sehat dalam waktu singkat

Gaya hidup modern seperti saat ini secara tidak langsung membuat tubuh anda semakin “tua”, itulah mengapa manusia zaman dulu memiliki usia yang lebih panjang daripada umat manusia modern saat ini. Sebenarnya banyak penyakit-penyakit berbahaya yang mengancam kita dengan pola hidup modern ini. Jangan takut, disini saya akan sedikit men “share” tips membuat  tubuh menjadi supesehat dalam waktu singkat . Silakan menyimak    

Hindari kanker kolon dengan nikmat
Bakteri  Helicobacter pylori, merupakan 80 % penyebab infeksi di tukak lambung dan 90% pada tukak usus 12 jari anda. Akibatnya perut anda akan terasa sangat nyeri.

Cara mencegahnya :
campur brokoli muda dalam makanan anda. Penelitian menyebutkan sulforaphane ,sebuah phytochemical yang ada pada brokoli muda-, dapat membunuh helicobacter pylori yang terkena kontak dengannya

Mencegah stroke
Stroke adalah perdarahan atau penyempitan pembuluh darah yang terjadi pada otak. Hampir 30 % penderita stroke akan meninggal saat terjadi serangan. Untuk memperkecil resiko serangan stroke, minum orange juice sebanyak 2 gelas sehari. Penelitian menyimpulkan pria yang mengkonsumsi 200 mg vitamin C sehari ,setara dengan 2 gelas, resiko terkena stroke lebih kecil daripada mereka yang hanya minum 40 mg

Hidup tahan lama
Seorang guru sering berkata “Makanlah wortel agar mata anda tetap sehat!!” tapi bagaimana jika anda tidak suka karena rasanya.  jika tidak suka pilihan mangga pun jadi. Mangga dan wortel kaya akan beta karoten, vitamin C dan E. Ketiganya merupakan jenis antioksidan yang memblok radikal bebas dalam tubuh anda sehingga akan membuat tubuh lebih awet muda. Antioksidan ini juga yang dapat mengurangi penurunan penglihatan akibat proses penuaan
Sekian dulu ya,nanti tips tips berikutnya akan menyusul di blog-blog berikutnya..

Salam sehat!   http://uzidokter.com/

 Probiotik Atasi Flu, Bau Napas, dan Alergi
 

Foto : ayushveda.com

ANDA tentu sudah sering mendengar bahwa probiotik atau bakteri baik, sangat berperan dalam menjaga kesehatan usus. Namun, studi baru-baru ini telah mengindikasikan bahwa bakteri ini juga bisa mengatasi berbagai gangguan lain, mulai dari diabetes tipe 1 hingga fibromyalgia.
                                                                                


Apa saja manfaat lainnya? Berikut uraian pakar nutrisi sekaligus penulis buku Good Gut Bugs, Kathryn Marsden, untuk Anda.

Bakteri usus
Ada berbagai jenis bakteri yang hidup di seluruh tubuh, sebagian besar hidup dalam usus. Bakteri ini dikenal dengan bakteri komensal. Dalam kondisi normal, bakteri ini tidak berbahaya bagi tubuh. Beberapa tipe bakteri bermanfaat (bakteri baik), tapi ada juga yang berpotensi mengundang bahaya.

Sebagai contoh, 'superbug' bacterium Clostridium difficile atau bakteri penyebab maag helicobacter pylori bisa hidup dalam tubuh tanpa menimbulkan bahaya. Akan tetapi, bakteri ini akan menyebabkan penyakit jika lingkungan usus tidak seimbang dan memungkinkan mereka bertambah banyak.

Sedang bakteri baik selalu mejaga kesehatan tubuh. Mikroorganisme hidup ini bekerja memperbaiki keseimbangan usus dengan cara mengurangi dan menghambat pertumbuhan polutan dan bakteri berbarbahaya dari makanan.

Bau napas (bad breath)
Sebagian besar bau badan, aeperti bau napas, disebabkan oleh bakteri jahat. Masalah bau napas bisa disebabkan oleh pembusukan gigi, gusi tidak sehat, pencernaan yang buruk, bakteri helicobacter pylori atau sejumlah gangguan kesehatan lainnya. Tapi, masalah terbesar adalah bakteri dalam mulut yang turut mengonsumsi semua makanan yang masuk.

Beberapa orang secara alami mempunyai jumlah bakteri jahat (patogenik) yang rendah dan memiliki jumlah bakteri baik yang jauh lebih tinggi. Sayangnya, terang Marsden, hanya dua persen dari populasi yang masuk ke dalam kelompok ini. Sisanya harus bekerja untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat.
Penanganan
Selain melakukan perawatan mulut, cobalah menambah jumlah bakteri baik dalam usus dengan menambah asupan produk susu yang difermentasi, seperti yogurt, ke dalam diet Anda. Selain itu, Anda bisa menggunakan suplemen probiotik secara teratur.

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa suplemen ini membantu mengatur pertumbuhan bakteri jahat. Suplemen probiotik bekerja mengurangi risiko keruskaan gigi pada gigi anak. Artinya, kasus gigi berlubang, sariawan dan infeksi mulut yang terjadi juga akan semakin sedikit begitu anak memasuki usia dewasa.

Konstipasi

Kerja usus yang lambat seringkali dipicu oleh kurangnya bakteri baik dalam usus.

Penanganan
Perbaiki diet Anda. Sebagian besar orang kekurangan serat dalam diet. Cobalah menambah dengan mengonsumsi sereal oatmeal, buah, sayuran, kacang polong, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, jangan lupa memperbanyak minum air, jus, teh dan sup. Salah satu penyebab lambatnya gerakan tinja adalah kekurangan cairan.

Untuk memaksimalkan hasil, cobalah menambah asupan probiotik, seperti yogurt dan cairan susu (buttermilk) ke dalam diet atau gunakan suplemen probiotik kualitas terbaik hingga masalah konstipasi teratasi. Kemudian, lakukan hal yang sama selama sebulan, setiap selang waktu beberapa bulan.

Menurut Marsden, beberapa studi menunjukkan bahwa memperbaiki diet dan menambah probiotik merupakan cara baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi.

Alergi
Peneliti menemukan adanya hubungan antara bakteri dalam usus dengan alergi. Orang-orang yang menderita alergi memiliki kadar bakteri baik yang lebih rendah dalam usus. Dan probiotik, menurut Marsden, bisa membantu mengembalikan keseimbangan bakteri, bekerja sebagai pertahanan dalam usus.

Penanganan
Cobalah minum probiotik setiap hari. Penelitian, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, menunjukkan, orang-orang yang menyertakan susu fermentasi dalam diet, memiliki kekebalan tubuh lebih baik terhadap serbuk sari.

Selain itu, mereka mempunyai kandungan antibodi (yang memperparah gejala alergi) lebih rendah. Di samping itu, kandungan antibodi IGG (yang melindungi dari reaksi alergi) mereka lebih tinggi.

Cobalah menggunakan suplemen probiotik untuk meredakan gejala-gejala alergi pernapasan, seperti asma dan eksem. Pastikan menggunkan secara sabar. Efek sumplemen akan terlihat setelah 12 atau 16 minggu penggunaan. 

Flu
Probiotik bekerja meningkatkan kekebalan tubuh. Studi-studi menemukan, partisipan yang menggunakan suplemen probiotik dan makanan probiotik lebih jarang mengalami flu dan infeksi. Probiotik meningkatkan kekebalan terhadap infeksi dengan cara memproduksi antibiotik.

Penanganan

Lindungi diri anda dengan menggunakan multivitamin harian dan suplemen probiotik. Studi-studi menunjukkan, suplemen multivitamin yang dikonsumsi dengan probiotik selama tiga bulan bisa mengurangi jumlah dan keparahan gejala serta durasi flu hingga beberapa hari.(IK/OL-5)

Baca Juga :

MENGATASI BAU MULUT (HALITOSIS)


Apa Sih Penyebab Bau Mulut (Halitosis)?


Test Sederhana Untuk Mengenali Bau Mulut/Halitosis


HALITOSIS / Bau Mulut


Bau Mulut (Halitosis)

Penyebab Bau Mulut (Halitosis)


Halitosis (Bau Mulut )


Bau Mulut


Halitosis (bau mulut): Penyebab dan Pilihan Treament


Menyiasati Bau Mulut

 Bau Mulut

 Cara Gila untuk Meneliti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar